Home > Berita > Detail

Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja di Batam,Kep.Riau

Kegiatan Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja di Batam,Kep.Riau telah terlaksana dengan sukses atas kerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kepulauan Riau. Acara dihadiri lebih dari 80 partisipan yang terdiri dari para Guru khususnya Kepala sekolah yang berdomisili di provinsi Kepulauan Riau. Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari ketua Panitia acara yaitu Dra.Pudji Astuti,MT, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau yaitu Dr.Amir Hakim Siregar,SPOG, Direktur Pusat Unggulan ATKIB UI yaitu Prof.Dr.dr.Biran Affandi,SpOG(K),FAMM, Kepala BKKBN Provinsi Kepulauan Riau yaitu Sugiono.

Acara terbagi menjadi dua sesi dan diakhiri dengan diskusi panel oleh para pembicara di akhir setiap sesi. Pada sesi pertama, Pembicara pertama disampaikan oleh Kepala BKKBN Provinsi Kepulauan Riau yaitu Bapak Sugiono. Ia menyampaikan mengenai pembangunan Keluarga Berencana "Pilar Program BKKBN"dan memaparkan permasalahan para remaja di kota Batam dan strategi dalam menanggulanginya.Pembicara kedua oleh Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Riau yaitu Nasrun Siagian S.Pd. Ia menjelaskan mengenai visi dan misi dari komisi penanggulangan AIDS di provinsi Kepulauan Riau dan menjelaskan tentang jumlah pengidap HIV/AIDS berdasarkan umur yang ada di Kepulauan Riau. Pembicara ketiga disampaikan oleh Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) yaitu Sudirman Latief. Ia menjelaskan mengenai kasus-kasus asusila yang terjadi di Provinsi Kepulauan Riau dan jumlah korban dan pelaku kasus tersebut selama tahun 2014. Pembicara keempat dari Dinas Kesehatan di Kota Batam yaitu Junaida. Ia memaparkan mengenai Upaya Dinas Kesehatan Terkait Kesehatan Reproduksi remaja di Kepulauan Riau, masalah remaja yang tidak dapat diselesaikan dengan 1 bidang keahlian melainkan multisektor, penyelesaian masalah kesehatan remaja memerlukan kontribusi dan keterlibatan sektor swasta, organisasi non pemerintah, LSM termasuk keterlibatan remaja sendiri.

Pembicara pertama pada sesi kedua disampaikan oleh Direktur ATKIB yaitu Prof.Dr.dr.Biran Affandi,SpOG(K). Ia menyampaikan "Kesuburan Remaja" dan menjelaskan mengenai perkembangan dan perubahan-perubahan yang terjadi saat masa pubertas. Pembicara kedua disampaikan oleh Dr.dr.Dwiana Ocviyanti,SpOG(K) mengenai pengenalan "Modul Pendidikan Kesehatan Reproduksi untuk Remaja dan Rencana TOT Pendidikan Kesehatan Reproduksi untuk Remaja". Beliau menjelaskan mengenai pentingnya pembuatan modul tentang pendidikan kesehatan untuk remaja dan apa saja yang akan dipelajari dalam modul ini, seperti: Pemahaman yang baik menegenai bagaimana melindungi diri dari IMS dan mencegah kehamilan, mengajarkan mengenai adanya konsekuensi-kosekuensi yang serius dari kehamilan tidak direncanakan dan informasi-informasi terkait kesehatan reproduksi remaja lainnya. Setelah semua selesai dengan presentasi masing-masing, acara dilanjutkan dengan diskusi panel. Semua pembicara dihadirkan kembali dan melakukan diskusi tanya jawab dengan para peserta seminar.

Post : 30 April 2015 11:58:36, Read : 1067


Terkait