Home > Berita > Detail

Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja di Jakarta

Kegiatan Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus 2014 di Ruang Auditorium Gedung D Rumpun Ilmu Kesehatan, Kampus UI Depok. Kegiatan ini terlaksana dengan sukses atas kerja sama dengan BKKBN Pusat dan dukungan dari CME FKUI, Dinas Pendidikan Provinsi DKI jakarta, Kementrian Pendidikan Menengah, Kementrian Pendidikan Dasar, Kementrian Kesehatan dan Persatuan Guru Republik Indonesia.

Acara Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja ini mengundang para Guru baik SD,SMP maupun SMA, Pembina/Pengurus remaja serta remaja aktif sebagai peserta. Tujuannya adalah membuka wawasan para peserta mengenai masalah kesehatan reproduksi  remaja yang ada saat ini sehingga dapat menumbuhkan kepedulian terhadap isu tersebut serta dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta yang nantinya diharapkan dapat berkelanjutan untuk mampu memberikan konseling terhadap anak didiknya atau rekan remajanya yang lain. Peningkatan pengetahuan dan pemahaman seputar kesehatan reproduksi remaja akan memicu perubahan sikap dan perilaku kesehatan reproduksi remaja sehingga mempersiapkan generasi remaja yang semakin sehat dan siap menjadi ibu, baik secara fisik maupun mental.

Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja dibuka dengan sambutan dari Direktur ATKIB yaitu Prof.Dr.dr.Biran Affandi,SpOG, Rektor UI, Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis,M.Met dan dilanjutkan dengan presentasi oleh dr.Anung Sugihantono,M.Kes mewakili Kemenkes mengenai "Kesehatan Reproduksi Remaja,Masalah dan Tantangan". Sebelum acara dilanjutkan ke sesi pertama, para peserta dipersilahkan untuk rehat kopi. Pada saat yang bersamaan, dilakukan pers konferens yang dihadiri oleh lebih dari 10 media massa dan narasumber yang kompeten seperti  Prof.Dr.dr.Biran Affandi,SpOG(K) sebagai Direktur ATKIB, dr.Julianto Witjaksono,SpOG-KFER,MGO sebagai Deputi dari BKKBN, dr.Anung Sugihantono,M.Kes sebagai Dirjen Bina Usaha Gizi dan KIA Kemenkes RI, Dr.Sulistyo,M.Pd sebagai ketua Pengurus Besar PGRI, Prof.Dr.dr.Nila F.Moeloek,SpM(K) sebagai Duta Besar MDGs RI.

Pada sesi pertama, Pembicara pertama dimulai dari dr. Julianto Witjaksono,SpOG-KFER,MGO sebagai Deputi dari BKKBN. Beliau memaparkan mengenai Strategi Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu di Indonesia. Dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Dr.Sulistiyo,M.Pd. Beliau menjelaskan mengenai Peran Guru dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Pembicara ketiga oleh Prof.Dr.dr.Nila F.Moeloek,SpM(K). Beliau mempresentasikan mengenai Millenium Development Goals dan Pasca 2015 yaitu bagaimana kita menghadapi Era Globalisasi, Mengalirnya informasi dan beragam sumber daya secara bebas dalam lingkungan interaksi lintas negara telah membawa berbagai perubahan besar yang belum pernah terjadi di masa-masa sebelumnya. Pembicara keempat oleh Elvira SH,MH yang menjelaskan peran orang tua (Komite Sekolah) dalam pendidikan Seks Anak SD merupakan peranan yang sangat penting di dalam pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja. Pembicara kelima oleh Bapak Lasro Marbun,SH,MH sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Beliau mempresentasikan mengenai tugas Dinas Pendidikan dalam menyelesaikan masalah Kesehatan Reproduksi pada Remaja. Pembicara keenam oleh Arfah Laidiah,SH,MA, sebagai perwakilan dari Dirgen Pendidikan Menengah Kemendikbud RI. Beliau memaparkan mengenai tahap perubahan pada alat reproduksi yang terjadi saat remaja dan menekankan untuk para remaja dalam membuat rencana yang matang sebelum membuat suatu keluarga yang baru. Pembicara terakhir pada sesi ini disampaikan oleh dr.Ramona Sari sebagai perwakilan dari Rutgers WPF Indonesia. Beliau menyampaikan mengenai 10 butir hak seksual remaja dan 8 pelajaran terbaik dalam pendidikan kesehatan reproduksi remaja.

Pada sesi kedua, penyampaian hasil penelitian dan kegiatan mengenai kesehatan reproduksi remaja yang dipresentasikan oleh perwakilan dari 5 Fakultas. Pembicara pertama oleh dr.Shela Putri Sundawa sebagai perwakilan dari FKUI. Beliau menyampaikan mengenai Pengetahuan akan Hubungan Seksual pada Kelompok Usia Remaja di SMP 210 Ciracas-Jakarta Timur 2013. Pembicara kedua dari FIB UI oleh Margareta Aulia Rachman,M.Hum. Beliau mempresentasikan mengenai Literasi Informasi Siswa Kelas XI tentang Kesehatan Reproduksi Remaja di Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R)SMKN 31 Jakarta. Pembicara ketiga dari FKM UI oleh Ice Sesi Wulandari,MKM. Beliau mempresentasikan mengenai Analisis Rencana Remaja dalam Kehidupan Berkeluarga. Pembicara keempat dari FF UI oleh Dra.RetnosariAndrajati,Phd,Apt. Beliau mempresentasikan mengenai Efektivitas Leaflet terhadap Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah dan Kadar Haemoglobin Ibu Hamil dengan Anemia di Puskesmas Cileungsi Kabupaten Bogor. Pembicara kelima dari FIK UI oleh Dra.Setyowati,SKp,M.App.Sc,Ph.D yang mempresentasikan mengenai Pengalaman Remaja Perempuan Single Parent Menjalani Peran Baru sebagai Ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pandang Kota Bandar Lampung.

Acara dilanjutkan sesi ketiga yaitu pengenalan "Modul Pendidikan Kesehatan Reproduksi untuk Remaja dan Rencana TOT Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Remaja" oleh Dr.dr.Dwiana Ocviyanti,SpOG(K) selaku ketua panitia seminar. Beliau menjelaskan mengenai pentingnya pembuatan modul tentang pendidikan kesehatan untuk remaja dan apa saja yang akan dipelajari seperti Pemahaman yang baik mengenai bagaimana melindungi diri dari IMS dan mencegah kehamilan, mengajarkan mengenai adanya konsekuensi-konsekuensi yang serius dari kehamilan tidak direncanakan dan informasi-informasi terkait kesehatan reproduksi remaja lainnya. Beliau juga menyampaikan acara Workshop dan Pelatihan Edukator Kesehatan Reproduksi Remaja yang akan diselenggarakan oleh Pusat Unggulan Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi Universitas Indonesia (PU-ATKIB UI) dengan waktu penyelenggaraan satu hari pada bulan September - Oktober 2014. Target peserta pada workshop ini adalah guru sekolah dan pengurus organisasi remaja/pemuda sebagai konselor remaja.

Pada sesi keempat mengenai kebugaran pada remaja dengan menghadirkan empat pembicara. Pembicara pertama oleh Prof.Dr.dr.Andrijono,SpOG(K),Msc dengan topik Pencegahan kanker Cervix. Beliau menekankan mengenai pencegahan lebih baik daripada mengobati. Pembicara kedua oleh Dr.dr.Inge Permadhi MS,SpGK mengenai Status Hidrasi pada Remaja. Beliau memberikan pesan untuk tetap awas terhadap dampak dehidrasi dan mengingatkan untuk minum sebelum haus dan rutin untuk memeriksa warna urin. Pembicara ketiga oleh dr.Titis Prawitasari,SpA yang mempresentasikan mengenai Nutrisi pada Remaja. Beliau memberikan rekomendasi mengenai jenis-jenis dan jumlah asupan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi para remaja. Pembicara terakhir di sesi ini oleh dr.Listya Tresnanti Mirtha,Sp.KO mengenai Kebugaran dan Kesehatan Reproduksi. Beliau merekomendasikan jens-jenis aktifitas yang cocok untuk remaja agar tetap bugar dan dapat meningkatkan kesehatan reproduksi seperti rekreasi aktif (mendaki, papan luncur,sepatu roda), bersepeda, jalan cepat, permainan melempar dan menangkap. Alhasil dari acara ini telah berhasil memenuhi target peserta hingga lebih dari 350 peserta dan berhasil masuk ke 18 media massa seperti Kompas, Detik, dan lain-lain.

 

 

 

 

Post : 29 April 2015 15:22:22, Read : 1400


Terkait