Home > Berita > Detail

ATKIB ikut serta ambil bagian dalam Pergub DKI Jakarta No 31 Tahun 2013

Berdasarkan Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI), pada tahun 2007 diketahui Angka Kematian Ibu di Indonesia (AKI) ialah 228 per 100 ribu kelahiran hidup, sementara di tahun 2012 AKI semakin bertambah menjadi 359 per 100 ribu kelahiran hidup. Melonjaknya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia pada tahun 2012 tersebut membangkitkan komitmen beberapa instansi pemerintah daerah untuk turut serta berperan dalam penekanan AKI. Salah satunya adalah pemerintah DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur No 31 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

Sasaran dari pelaksanaan program KRR ini tercantum dalam bab V Pergub DKI Jakarta No 31 Tahun 2013, yaitu Guru Bimbingan Konseling (BK), Komite Sekolah, Kader Kesehatan Remaja, Siswa/Peserta Didik di lingkungan pendidikan formal dan non formal; orangtua yang memiliki anak remaja, kader, kelompok remaja/karang taruna di lingkungan masyarakat; serta panti sosial dan organisasi sosial di lingkungan lembaga. Terkait dengan hal tersebut, Pusat Unggulan Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi (ATKIB) UI telah melaksanakan kegiatan serupa, yaitu Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja pada tanggal 9 Agustus 2014 dimana peserta merupakan guru SD, SMP, SMA, Siswa/siswi dan Mahasiswa/Mahasiswi yang aktif berorganisasi, lembaga dan organisasi remaja. Peserta yang hadir merupakan undangan dari daerah sekitar Jakarta dan Depok. Seluruh peserta yang hadir berjumlah ± 400 peserta diberikan wawasan mengenai masalah kesehatan reproduksi remaja yang ada saat ini, pentingnya menjaga kesehatan reproduksi remaja, bagaimana berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan reproduksi remaja. Seminar tersebut menghadirkan pembicara berkompeten seperti dari BKKBN, Kemetrian Kesehatan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals (KUKPRI MDGs), Rutgers WPF Indonesia, dan beberapa pakar lainnya dari Universitas Indonesia.

Dengan melaksanakan kegiatan tersebut, ATKIB UI telah turut berperan serta dalam upaya peningkatan kesehatan reproduksi remaja dimana ATKIB UI menyadari bahwa hal ini perlu komitmen dari berbagai pihak demi tercapainya remaja Indonesia yang sehat sebagai calon ibu. Kegiatan ini tidak akan berhenti begitu saja. Setelah seminar kesehatan reproduksi remaja ini diadakan, PU ATKIB UI segera mempersiapkan workshop sebagai kelanjutan untuk menunjang guru-guru memiliki keterampilan memperkenalkan kesehatan reproduksi remaja pada anak-anak didiknya. (TS)

 

Post : 18 Agustus 2014 15:04:05, Read : 779


Terkait