Semiloka Modul Cultural Competence

Tempat : Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan, Kampus UI Depok
Waktu : 19 Juni 2014 s/d 20 Juni 2014
Tingkat : lokal
Pembicara : Staf Pengajar dari Berbagai Fakultas di UI
Penyelenggara : PHK-PKPD bersama PU-ATKIB

Angka kematian ibu dan bayi yang meningkat beberapa tahun belakangan ini menunjukkan bahwa upaya pemerintah untuk mencapai sasaran MDG’s di bidang kesehatan ibu dan bayi menghadapi kendala. Kenyataan ini mendorong UI untuk mendirikan Pusat Unggulan Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi sebagai lembaga yang mengkaji masalah kesehatan ibu dan bayi (KIB) agar dapat memberikan masukan berharga bagi pemerintah. Lembaga ini merupakan tempat para dosen dari berbagai fakultas di lingkungan UI membahas berbagai masalah menyangkut KIB sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan solusi yang permanen untuk mengatasi kendala di atas. Salah satu solusi permanen adalah meningkatkan jumlah dan kompetensi praktisi medis-sosial yang berkecimpung di bidang KIB.


Para ahli di Pusat Unggulan Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi (PU ATKIB) berkeyakinan bahwa upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi harus dilaksanakan dalam konteks budaya yang sesuai dengan budaya masyarakat sasaran. Keyakinan ini didasari atas kenyataan bahwa cara seorang ibu memelihara kehamilan dan mengasuh bayinya sangat dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan yang berlaku di masyarakatnya. Bahkan, dikenal banyak mitos yang berkaitan dengan masalah KIB di berbagai masyarakat Indonesia yang multikural ini. Tata cara, kebiasaan,dan mitos ini ada yang baik, tetapi ada pula yang membahayakan kesehatan ibu dan bayi itu sendiri. Oleh sebab itu, salah satu pengetahuan dan keterampilan yang perlu dikuasai oleh para praktisi medis-sosial yang berkecimpung di bidang KIB adalah cultural competence.
Cultural competence adalah kemampuan intelektual seseorang menyangkut keberagaman budaya, yang membuatnya mampu berinteraksi dengan seseorang atau masyarakat yang berasal dari budaya yang berbeda. Kemampuan ini sangat berguna dalam upaya memperkenalkan suatu gagasan dan membuat gagasan itu diterima penuh oleh pihak lain. Dalam hal kesehatan ibu hamil dan bayi, misalnya, agar upaya kesehatan ibu hamil dan bayi diterima baik dan diterapkan oleh masyarakat di berbagai daerah Indonesia, tenaga medis-sosial yang berkecimpung di bidang KIB perlu dibekali dengan kemampuan itu.


Dengan pertimbangan di atas, PU ATKIB bermaksud mengembangkan pembelajaran cultural competence di berbagai fakultas di lingkungan UI sehingga UI dapat memelopori pembelajaran itu di Indonesia. Berangkat dari pengalaman FKUI dalam mencoba menerapkan pembelajaran cultural competence dalam modul komunikasi, PU ATKIB telah mengembangkan modul “Cultural competence dalam antenatal care”.


Sehubungan dengan itu, dengan dukungan proyek PHK PKPD, PU ATKIB akan menyelenggarakan semiloka yang bertema:
BERKARYA DALAM KEBERAGAMAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN IBU DAN BAYI
Seminar di pagi hari pertama terbuka untuk para dosen FK/FKIK di Jakarta, sedangkan lokakarya hanya diikuti oleh staf pengajar UI. Seminar bertujuan memberikan pengenalan awal tentang cultural competence kepada kalangan yang lebih luas, sedangkan lokakarya bertujuan menyusun modul pembelajaran cultural competence untuk berbagai fakultas di lingkungan UI.


Tujuan

  • Menyebarluaskan pemahaman cultural competence di kalangan staf pengajar UI dan staf pengajar FK/FKIK universitas lain di Jakarta.
  • Memperkenalkan Pusat Unggulan Asuhan Terpadu Kesehatan Ibu dan Bayi (PU ATKIB) kepada universitas lain di Jakarta sebagai suatu pusat riset, pendidikan, dan pelayanan ATKIB di UI.
  • Menyusun modul pembelajaran cultural competence yang berkontribusi pada peningkatan kesehatan ibu dan bayi, di berbagai fakultas di lingkungan UI, baik untuk diselenggarakan secara terpadu, maupun secara sendiri-sendiri di berbagai fakultas.

 

Peserta
Jumlah peserta seminar adalah 200 yang terdiri 150 staf pengajar dari semua fakultas di UI dan 50 staf pengajar FK/FKIK universitas lain.
Jumlah peserta lokakarya adalah 50 yang terdiri dari staf pengajar semua fakultas di UI.


Biaya
Kegiatan ini didanai oleh proyek PHK PKPD yang diterima oleh FKUI. Dengan demikian peserta tidak ditarik bayaran.

 

dengan Fasilitas:

- Free Seminar Kit

- Free Snack & Makan siang

 

 

Kontak Person:

Sekretariat ATKIB

Tlp/Fax. 3922825

Email: atkib.ui@gmail.com



Related Events