History of CEERMIC (ATKIB)

 

Idealisme dibalik berdirinya ATKIB

Salah satu masalah kesehatan yang mendesak yang mempunyai pengaruh signifikan pada kualitas manusia Indonesia adalah masalah kesehatan ibu dan bayi yang tercermin dari masih tingginya angka kematian ibu (228/100.000 kelahiran hidup) dan angka kematian bayi (34/1.000 kelahiran hidup). Hal ini terjadi walaupun di tengah perkembangan sosioekonomi yang meningkat pesat dalam 50 tahun terakhir. Upaya pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang mengalami hambat-an perlu mendapatkan solusi yang bersifat permanen

Salah satu solusi adalah meningkatkan secara terus menerus kompetensi dokter layanan primer, tenaga paramedis maupun unsur masyarakat yang peduli dalam bidang kesehatan ibu dan anak melalui pendidikan maupun pelatihan yang terintegrasi dan berbasis bukti. Riset berkesinambungan untuk inovasi maupun penyempurnaan pendekatan pelayanan kese-hatan ibu dan bayi juga harus dilakukan demi keseimbangan antara masalah dan solusi berbasis riset yang teruji secara ilmiah sehingga lebih mudah untuk dipertanggungjawabkan.

Pusat ATKIB akan merupakan suatu pusat berkumpulnya para ahli yang kritis dalam merumuskan permasalahan-permasalahan terkait kesehatan ibu dan bayi. Di dalamnya merupakan integrasi berbagai bidang ilmu & profesi, bekerja sama dengan industri, menggalang dana dan kerja sama internasional. SDM di dalam pusat ini terdiri dari pakar dari kalangan pemerintah, institusi pendidikan, industri, organisasi profesi, NGO.

Dengan komitmen mencari solusi, semangat dan kemampuan meneliti secara terintegrasi, pusat ATKIB diharapkan mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan tersebut melalui penelitian yang akan diselenggarakan dengan melibatkan berbagai segi keilmuan. Hasil-hasil penelitian ini kemudian akan dituangkan menjadi produk unggulan berupa pendidikan, pelatihan, dan pelayanan dengan kualitas internasional yang mampu berperan sebagai simpul utama jejaring kepakaran dalam bidang kesehatan ibu dan bayi baik secara nasional maupun regional. Melalui produk-produk unggulan ini, pusat ATKIB dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesehatan melalui penurunan angka kematian ibu dan bayi.